Pohon Kersen

 

Muntingia calabura L nama ilmiah untuk kersen, di beberapa daerah disebut ceri meskipun ada jenis ceri yang sebenarnya.

Buah kersen matang punya warna merah cerah dan cukup menggoda terlebih rasanya yang manis seringkali disukai anak-anak.

Setiap ada pohon kersen, aku sering memandangi dahan dan ranting-rantingnya, barangkali ada buah yang sudah matang dan bisa kupetik, tak jarang aku rela memanjatnya untuk mendapatkan satu hingga lima butir buah kersen yang lucu-lucu.

Sekali waktu aku dapat buah yang sangat matang, merah mrerona dan ada rasa sayang untuk dimakan, memakan buah kersen tak mengenyangkan perut tapi sungguh menyenangkan karena aku dapat dari usahaku sendiri.

Di kampung tempat aku tinggal sekarang banyak pohon kersen, ada yang sengaja ditanam atau tumbuh liar begitu saja. Tak jarang pemiliknya membiarkan anak-anak seusiaku memanjat pohonnya dan memetik buahnya.

Biarpun aku seorang perempuan, aku berani manjat pohon kersen. Ayahku juga membolehkannya, asal hati-hati jangan sampai jatuh.

IMG_3004[1]

Leave a Reply

